HARKITNAS YANG SERU DAN INSPIRATIF BERSAMA PASUKAN PRESTASI


Hari kebangkitan nasional kita peringati tiap tahun pada tanggal 20 mei untuk mengenang semangat para pejuang untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan. Beberapa sekolah biasa memperingatinya dengan upacara atau kegiatan kesenian, bahkan di masa ini banyak yang tidak memperingatinya sama sekali.
Namun bagi SMP Islam Prestasi hati kebangkitan nasional tentu saja harus dijadikan momentum berharga untuk menginspirasi siswa dengan hal-hal hebat. Hanya saja kalau dulu para pejuang bersemangat melawan penjajah, maka di masa kini para siswa harus dimotivasi dan diberi inspirasi untuk melawan kemiskinan, pengangguran dan keterbelakangan. Apalagi dengan program pembibitan nasional, murid-murid SMP islam Prestasi banyak yang berasal dari daerah pelosok.  Nah, pada harkitnas tahun ini para siswa SMP Islam Prestasi diajak mengunjungi 3 tempat inspiratif sekaligus yaitu ke Industri fiberglass kreatif BALU OTOWORK, TAMAN PINTAR, dan industri coklat kreatif nDALEM..
Pada pukul 8 pagi kami Pasukan Prestasi berangkat menuju BALU OTOWORK yang berada di jl. Pramuka kota Yogyakarta. Disana kami disambut oleh Mas Andika Kaharuliyawan, pemilik usaha fiberglass kreatif ini yang kebetulan juga adalah teman Pak Sobi Kepala SMP Islam Prestasi ketika dulu mengikuti pertukaran pemuda ke China. 
Anak-anak berada di pabrik Balu Otowork
contoh produk finishing Balu Otowork
Beberapa protoype karya Balu Otowork
Kemudian Mas Andika menceritakan kisahnya ketika awal mula ia mendirikan industri ini. Konon katanya ia memulai usahanya dengan modal 800 ribu rupiah, dan pertama kali belajar membuat bodi sepeda motor dari melihat di YouTube. Karena terus gagal bahkan hampir bangkrut ia kemudian merekrut orang-orang yang ahli dalam membuat fiberglass ini. Mas Andika yang mendesain dan teman-temannya yang mengerjakan. Alhasil karena bodi motor khususnya totok lampu yang dibuat BALU OTOWORK sangat kreatif dan unik, mas Andika langsung memasarkannya hingga luar negeri dan bahkan sempat menjuarai berbagai lomba kreativitas wirausaha. 

Dia pun sudah mengunjungi lebih dari 12 negara gratis karena prestasi usahanya itu. Bahkan ia sudah berhasil meng-umroh-kan kedua orangtuanya dari pabriknya ini.Kini omzet penjualan fiberglass buatan BALU OTOWORK  mencapai 150 juta per bulan. Dia memotivasi Pasukan Prestasi untuk berani bermimpi, pantang menyerah, jujur dan membantu sesama. Karena ternyata karyawan-karyawan yang sekarang bekerja di Balu otowork ini ternyata kebanyakan adalah anak yatim, pengangguran dan gelandangan. Sungguh inspirasi yang luar biasa.
Pasukan prestasi mengamati proses produksi Balu Otowork
Contoh Barang yang siap dijual 
Contoh motor yang sudah dimodif dengan bodi fiberglass karya Balu Otowork 

Setelah puas melihat-lihat proses produksi fiberglass di Balu Otowork, kami melanjutkan perjalanan ke Taman Pintar yang ada di dekat Malioboro. Disana tentu saja siswa disuguhi dengan berbagai wahana ilmiah yang seru dan pengetahuan tentang sejarah indonesia. 
Pasukan Prestasi menikmati ilmu sains yang disajikan dengan wahana seru di Tampin 

Berfoto di depan Taman pintar


Kami menghabiskan waktu di Tampin hingga dzuhur. Kemudian kami beranjak ke Masjid Agung Keraton yang ada di samping alun-alun utara Jogja. Setelah sholat dzuhur dan makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke industri coklat kreatif nDALEM. 
Disana kami disambut dengan hangat oleh mbak Meika, pemilik industri ini. Meski ruangannya agak kecil tapi ternyata produk coklatnya sudah sampai kemana-mana lho, bahkan pernah ikut pameran makanan sampa Jepang!! Mbak Meika bercerita tentang proses pembuatan coklat nDalem mulai dari pemilihan dan pengolahan coklat, jenis-jenis coklat sampai proses pengolahan dengan cita rasa khas coklat nDalem. 
Karena rasanya yang unik dipadu dengan rasa cengkeh, wedang ronde, mint, jahe, bahkan ada yang rasa lombok. Setelah melihat proses pembuatan kami juga dipersilahkan untuk mencicipi coklat-coklat kreatif ini sepuasnya.. Hahahaha.. 
Mbak Meika menjelaskan produk-produk kreatif coklat nDalem 
Mbak Meika juga bercerita tentang bagaimana ia memulai bisnisnya ini hingga kini omzetnya mencapai puluhan juta tiap bulannya. Dan katanya dia juga akan membuka gerai toko baru yang lebih besar sekaligus menambahkan museum coklat di dalamnya. Wow!! Semoga sukses ya mbak Meika..
Alhamdulillah Harkitnas tahun ini benar-benar berkesan dan sangat inspiratif. Makanya ayo buruan gabung ke Pasukan Prestasi.
Untuk info pendaftaran hubungi Pak sobi di: 085648758763

0 comments: