Pasukan Prestasi Kembali Panen Piala di MTQ 2014

Alhamdulillah diiringi hela nafas bangga dan bahagia bercampur haru. Itulah yang kami rasakan hari sabtu, 13 September 2014 lalu. Karena sabtu kemarin kami baru saja mengikuti Lomba MTQ di SMA 2 Bantul. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pasukan Prestasi kali ini kembali panen piala. Namanya saja Pasukan Prestasi tentu saja dicetak menjadi siswa yang gemar berlatih dan bersemangat menggapai prestasi. Banyak dari siswa Pasukan Prestasi yang tiap hari meneriakkan cita-cita mereka untuk menjadi juara MTQ, dan hari itu langkah kecil mereka telah berbuah manis. Meski kami harap itu hanya capaian kecil dari capaian-capaian besar yang akan mereka raih nantinya di masa depan.

Tahun ini kami mendapat 7 piala dan 2 siswa kami juga berhasil maju ke level selanjutnya. Semoga nanti bisa menang hingga level Provinsi bahkan Nasional. Bagi beberapa sekolah mungkin kegiatan-kegiatan lomba yang berhubungan dengan hobi dan bakat seperti ini tak dirasa begitu penting. Bahkan ada juga sekolah yang merasa lebih baik siswanya belajar di kelas untuk mempersiapkan ujian daripada harus ikut lomba seperti ini. Padahal bagi kami kegiatan seperti bisa jadi sangatlah penting sebagai motivasi untuk peserta didik. Kegiatan Lomba seperti ini bisa memberikan kegiatan tambahan agar siswa tak jenuh mengikuti pembelajaran di kelas setiap hari. Terlebih lagi ketika siswa dididik dan dilatih dengan baik sejak dini sehingga mereka bisa menang dan meraih prestasi. Tentu saja dia akan membuat bangga orangtua, guru, sekolah dan tentunya untuk dirinya sendiri. Yang jelas, anak yang memiliki cita-cita dan tujuan hidup pasti akan lebih bersemangat, giat dan lebih bisa mengatur waktu mereka dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif. hal ini tentu saja memudahkan guru untuk mengarahkan dan mendisiplinkan mereka. Sebaliknya, siswa yang tak diberikan inspirasi dan cita-cita tentu saja tak akan merasa punya sesuatu yang ingin dicapai dan dikejar sehingga sehari-hari kehidupan mereka hanya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa "memuaskan" mereka saja, seperti nge-game di warnet, rental PS, pacaran dsb. Kalau mereka yang punya cita-cita seperti pingin  ke luar negeri, pingin juara lomba, pingin jadi atlet, pingin ahli di bidang bahasa, dll PASTI merasa tak boleh membuang waktu mereka karena banyak yang harus dikejar.
Karena itu setiap pagi di SMP Islam Prestasi setelah apel dan pengibaran bendera setiap siswa secara bergiliran menjabat tangan guru dan kepala sekolah sambil meneriakkan cita-cita mereka. Mari kita awali hari ini dengan secangkir SEMANGAT, ditambah sepiring PERCAYA DIRI, dan apapun yang terjadi yang kita lakukan adalah KEEP MOVING FORWARD..!!!

0 comments: